ISSN Print
2338-1043

ISSN Online
2338-8099
           

Board of Directors

Board of Directors

Hutomo Suryo Wasisto (27) menerima gelar Doktor-Ingenieur (Dr.-Ing.) di bidang teknik elektro, fisika, dan teknologi informasi dengan penghargaan Summa Cum Laude dari Technische Universität Braunschweig (TU Braunschweig), Braunschweig, Jerman pada tahun 2014. Dr. Wasisto kemudian bekerja sebagai postdoctoral research scientist di Georgia Institute of Technology (Georgia Tech), Atlanta, USA pada tahun 2015/2016. Saat ini Dr. Wasisto berposisi sebagai Junior Group Leader di salah satu research center terbesar di negara bagian Lower Saxony, Jerman untuk bidang nanometrology (Laboratory for Emerging Nanometrology, TU Braunschweig, Jerman). Groupnya mempunyai fokus riset di bidang optoelectromechanical nanometrology dan nanosensors. Dr. Wasisto telah memiliki lebih dari 60 publikasi di peer-reviewed journals dan conference proceedings, serta 2 German dan European patents. Pada 3 tahun berurutan (2012-2014), Dr. Wasisto juga merupakan penerima penghargaan internasional: the best young scientist award dari Eurosensors 2012, Krakow, Poland, the best paper award dari IEEE NEMS 2013, Suzhou, China, dan the Walter Kertz Study Award 2014 (the best doctoral dissertation) dari TU Braunschweig, Braunschweig, Jerman. Saat ini Dr. Wasisto memegang amanah sebagai Chairman of Director Boards - ISJournal.

Hadi Teguh Yudistira (28) menyelesaikan program S1 di Teknik Fisika ITB pada pertengahan tahun 2008. Di pertengahan tahun 2014, Dr. Hadi menyelesaikan program Ph.D di departemen teknik mesin dengan program studi Energy Engineering, Sungkyunkwan University dengan topik penelitian mengenai fenomena multiphysics dengan menggunakan fenomena electrohydrodynamics sebagai teknologi printing. Dr. Hadi memfabrikasi terahertz metamaterial, material buatan (artificial material) yg dapat mengatur elektromagnetik property material tersebut pada spektrum terahertz, dengan menggunakan electrohydrodynamics jet printing. Penelitian ini sudah dipublikasikan di berbagai journal serta sudah dipresentasikan di berbagai konferensi nasional dan internasional. Di akhir tahun 2014, Dr. Hadi bergabung menjadi postdoctoral fellow pada program SZU-NUS Collaborative Innovation Centre for Optoelectronic Science & Technology. Pada bulan Maret 2015, Dr. Hadi menjadi visiting researcher di State Key Laboratory of Milimeter Waves, Southeast University, Nanjing, China. Saat ini Dr. Hadi diberi amanah untuk menjadi Vice Chairman of Director Boards - ISJournal.

Bagus Nugroho (31) adalah seorang peneliti yang saat ini memegang posisi sebagai research fellow di University of Southampton (Inggris Raya) dan visiting researcher di The University of Melbourne (Australia) yang tergabung di dalam penelitian skala besar gabungan yang melibatkan ilmuwan dari Australia, Inggris, Indonesia, dan Denmark. Dr. Bagus memperoleh gelar PhD di Mechanical Engineering dari Universitas Melbourne pada tahun 2015, dimana penelitiannya berjudul Highly Ordered Surface Roughness Effects on Turbulent Boundary Layers. Hasil dari penelitiannya membuka kemungkinan untuk mengurangi gaya hambat di pesawat, kapal laut, dan kapal selam, sehingga lebih efisien dan hemat energy. Ketika sedang menjalani studi PhD, Dr. Bagus juga sempat kuliah di program studi lain dan memperoleh ijazah dari Melbourne Business School (Graduate Certificate in Commercialization) dan dari The University of Oxford (Postgraduate Certificate in Nanotechnology). Sebelumnya Dr. Bagus telah menyelesaikan studi S1 di dua jurusan, yaitu: Mechanical Engineering (honours) dan Science in Physics, juga dari The University of Melbourne. Dalam hal pengalaman kerja, Dr. Bagus sempat memberikan kontribusi sebagai insinyur magang di beberapa institusi yang berbeda di dalam dan luar negeri, seperti JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency), Garuda Indonesia Maintenance Facility, Indonesian Aerospace, dan Daimler Mercedes-Benz. Terlepas dari kegiatan akademik, Dr. Bagus juga memiliki banyak pengalaman di berbagai kegiatan pelajar dan kemasyarakatan seperti: Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia 2012/2014, serta sebagai Panwaslu pada Pemilu dan Pilpres 2014. Saat ini Dr. Bagus memegang amanah sebagai Chairman of Editorial Boards - ISJournal.

Fadhilah Muslim (25) merupakan PhD candidate dan aktif sebagai asisten pengajar di Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Imperial College London, UK. Topik riset yang sedang dilakukan mengenai peningkatan durabilitas struktur beton dengan pendekatan studi mikrostruktur dan transport properties dari material beton. Sebelumnya Fadhilah menerima gelar Sarjana Teknik (ST) dari Universitas Indonesia (UI) sebagai lulusan terbaik (IPK tertinggi) Teknik Sipil FTUI 2012 dan mengikuti program fast-track (S1 dan S2) di jurusan yang sama. Fadhilah pernah mengikuti program ‘tripartit’ pertukaran pelajar ke ITB tahun 2010 dengan beasiswa Kemendiknas dan meraih IPK sempurna (4.0/4.0) selama menjalani studi disana. Fadhilah kemudian mendapatkan gelar Master of Sciences (MSc) dengan prestasi Cum Laude pada September 2013 di Ecole des Ponts ParisTech (ENPC)-Ecole Polytechnique dengan mendapatkan beasiswa DIKTI dan pemerintahan Prancis (BGF). Sebelum melanjutkan studi Doktoral/S3 dengan mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada pertengahan tahun 2014, Fadhilah juga sempat mengajar di jurusan Teknik Sipil FTUI. Selain aktif di ISJournal sejak lembaga ini didirikan pada Januari 2013, Fadhilah sebelumnya juga aktif di Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dan organisasi lainnya baik di Prancis selama studi master maupun di UK saat ini, diantaranya sebagai Koordinator Humas dan IT PPI Prancis 2012/2013, Ketua Divisi Pendidikan PPI London 2014/2015, Formatur organisasi ILUNI UI cabang UK, Presiden Indonesian Scholars International Convention (ISIC) 2015 - PPI UK, dan sebagainya. Saat ini Fadhilah memegang amanah sebagai Chief Executive Officer (CEO) - ISJournal.